Translate

Wednesday, December 18, 2013

WALKTROUGH TALES OF THE ABYSS BAHASA INDONESIA

WALKTROUGH TALES OF THE ABYSS BAHASA INDONESIA
PLAYSTATION 2




Bagi para sobat yg agak susah atau bingung cara menamatkat game ini ... tenang sob ane punya walktroughnya moga bisa membantu para sobat semua...
INI TRAILERNYA






TALES OF THE ABYSS
(BAGIAN I)

Para fans dijamin tidak akan kecewa untuk yang satu ini. Dalam Tales of the Abyss, player akan mengendalikan Luke dalam usahanya untuk menyelamatkan dunia dan mengetahui siapa dirinya sebenarnya. (V3)

TIPS :
-          Jadi jika kalian belum bisa mengalahkan salah satu musuh, naikkan level kalian, perbaiki strategi dan sesuaikan Techs yang digunakan.
-          Musuh akan terlihat sehingga kalian bisa memilih untuk melawan atau menghindari mereka.
-          Perhatikan peta karena akan ada kemungkinan untuk tersesat jika tidak teliti.
-          Tales of the Abyss memiliki sub-quest yang banyak dan tergantung pada timeline cerita. Beberapa diantaranya akan memberikan tittle, item, spell atau tech baru.
-          Manfaatkan Free Run setelah kalian mempelajarinyanya (tekan L2+analog). Manfaatkan juga C Core dan FS Chamber setelah kalian mendapatkannya untuk mendapatkan status tambahan baik untuk karakter maupun untuk Tech kalian.
-          Kalian bisa mengup-grade pesawat kalian dengan menemukan beberapa parts di pertengahan game. Kalian memerlukan up-grade part ini untuk menjelajahi daerah-daerah yang sebelumnya tidak bisa kalian lewati.
-          Jangan lupa memeriksa semua Searching Point yang ada.

WALKTHROUGH

= FABRE'S MANSION =
            Selesai event pendek, keluar dari kamar dan masuki pintu di sebelah kanan. Lanjutkan ke selatan dan bicara dengan Ramdas. Kalian bisa save disini. Kembali ke ruangan sebelumnya dan terus ke utara. Masuki kamar yang ada dan ambil item dari dalam lemari. Keluar kemudian kembali ke depan kamar Luke, lanjutkan ke kiri kemudian pergilah ke selatan untuk event lagi. Hindari taman dan jelajahi seluruh mansion untuk item. Setelah beres, pergilah ke taman untuk tutorial battle. Ikuti saja semua perintah Van dan akan ada event lagi.

= TATAROO VALLEY=
            Setelah perkenalan pendek, Tear akan bergabung denganmu. Teruskan perjalanan dan akan ada pertarungan secara otomatis. Periksa area sekitar untuk item dan juga save point. Lawan semua musuh disini kemudian lanjutkan ke area berikutnya. Lawan semua musuh yang ada dan pergilah dulu ke area kanan untuk mengambil item sebelum melanjutkan ke selatan. Ada event pendek kemudian save permainan sebelum berbicara dengan pria yang ada. Setelah siap, terima tawarannya untuk event lagi. Kalian bisa memilih untuk berjalan kaki atau meneruskan naik kereta. Sebaiknya pilih berjalan kaki untuk event pendek mengenai cooking. Lanjutkan mengikuti jalan yang ada sampai kalian melihat papan penunjuk. Pergilah ke Engeve.

= ENGEVE =
Pergilah dulu ke penginapan yang ada untuk event pendek kemudian ke area perbelanjaan di utara untuk event lagi. Kembali ke penginapan untuk event lagi. Setelah semua selesai, pergilah ke penginapan untuk menginap gratis. Sebelum meninggalkan Engeve, periksalah bagian belakang rumah Rose dan ambil Life Bottle di dalam. Setelah siap, tinggalkan Engeve dan lanjutkan ke utara.

Sub event 1 : Spaghetti Recipe
Masuki salah satu rumah dan bicara dengan ibu yang sedang memasak. Dia akan meminta sebuah item. Item ini bisa ditemukan dengan berbicara ke nenek yang ada di rumah dengan penggilingan. Setelah mendapatkannya, kembali ke ibu yang memasak tadi dan dapatkan Spaghetti Recipe.
Sub Event 2: Secret Small Box
Bicara dengan penjual yang sebelumnya bermasalah dengan Luke. Dia akan meminta kalian mencari Small Box yang bisa didapatkan di Cheagle Woods. Terima tawarannya dan jika kalian mengembalikannya, dia akan memberikan Collector's Book.

=CHEAGLE WOODS=
Begitu masuk, kalian akan bertemu dengan Ion dan Tear mendapatkan tittle baru. Pergilah dulu ke utara untuk mendapatkan Secret Small Box yang diminta penjual tadi. Sebaiknya kembali dulu ke Engeve untuk mengembalikannya (hiraukan protes dari Tear). Lanjutkan ke kanan dan teliti dulu area ini untuk item dan lawan semua musuh disini. Pergilah ke utara karena jalan di kanan atas tidak bisa dilalui saat ini. Selesai event, lanjutkan ke kiri dan kalian akan tiba di dekat sebuah pohon besar. Periksa apel yang ada sebelum masuk untuk event lagi. Kalian kini bisa 'menggunakan' Sorcerer Ring dengan menekan kotak. Bicara dengan pemimpin Cheagle jika kalian butuh istirahat.
Tinggalkan pohon ini dan pergilah dulu ke utara, ikuti jalan yang ada untuk tiba di area berikutnya. Dapatkan item disini kemudian kembali ke pohon para Cheagle. Kembali lagi satu layar dan dari area ini, pergilah ke kanan untuk event lagi. Seberangi jembatan yang ada dan lanjutkan lagi perjalanan untuk penjelasan mengenai Capacity Core. Pohon di paling kanan belum bisa kalian raih jadi bakar pohon di utara dan lanjutkan terus perjalanan kalian sambil membakar akar yang ada untuk item lagi. Setibanya di bawah, kalian akan melihat save point hijau jadi save permainan kalian dan persiapkan diri sebelum melanjutkan untuk pertarungan boss pertama kalian.

Boss : Liger Queen (Party : Luke, Tear)
à Usahakan Luke menarik perhatian boss agar Tear bisa bebas mengeluarkan magic. Lakukan penyembuhan dengan item atau jika Tear sempat, gunakan juga First Aid. Jangan lupa untuk melakukan defend. Setelah beberapa saat, bantuan akan muncul dan pertarungan akan menjadi jauh lebih mudah.

            Selesai event, Jade akan bergabung dengan kalian. Dia berada di level 45 jadi semua pertarungan disini akan sangat mudah. Jangan kembali dulu ke pohon para Cheagle. Ingat jalan di area awal (kanan atas) yang sebelumnya belum bisa kalian lewati? Pergilah ke sana dan gunakan Miyu Fire untuk membuka jalan. Kalahkan musuh dan dapatkan S Flag. Kembalilah ke pohon para Cheagle untuk event lagi kemudian kembalilah ke jalan masuk Cheagle Woods untuk event lagi.

= TARTARUS =
            Saat kalian bisa mengendalikan Luke, bicaralah dengan Anise dan dia akan bergabung. Periksa dulu seluruh area untuk beberapa item dan berbicara dengan Jade serta Ion. Perhatikan tangga ke atas yang ada dan ingat-ingat karena kalian harus kembali ke sini nantinya. Kembali ke ruangan awal kalian berada dan bicara dengan prajurit yang ada, pilih pilihan 2 untuk event lagi. Bicara dengan Ion lalu keluar. Hampiri Jade untuk event lagi. Jade akan bergabung TAPI levelnya akan turun drastis! Naiki tangga yang ada untuk tiba di atas. Save dulu permainan kalian di ruangan sebelah kanan. Ingat tangga yang sebelumnya? Naiki tangga itu dan ikuti jalan yang ada untuk battle singkat dan event. Luke akan melawan musuh sendirian namun tidak sulit. Event lagi.
Periksa semua ruangan yang ada untuk save point dan mendapatkan equipment kalian kembali. Masuki ruangan terakhir untuk event pendek dan penjelasan mengenai cara menarik dan mendorong kotak. Tujuan kalian adalah kotak di paling ujung, setibanya disana akan ada event pendek lagi. Periksa lubang yang ada dan kalian akan tiba di luar. Pergilah ke ruangan di sebelah kanan (yang sebelumnya ada save point) untuk event lagi. Guy akan bergabung. Save permainan kalian di World Map kemudian ikuti jalan yang ada sampai di papan penunjuk jalan lagi. Pergilah ke arah kanan (St Binah) untuk event dan pertarungan lagi. Luke akan mendapat tittle baru. Save permainan dan bicara dengan semua sebelum berbicara dengan Mieu untuk beristirahat. Lanjutkan perjalanan kalian sampai tiba di St Binah (masih ditandai dengan ????). Lihat event lagi.

= ST BINAH =
Lihat event dulu. Poor Guy… Kemudian pergilah ke rumah besar yang dijaga oleh prajurit untuk event dan bertemu dengan McGovern. Kalian akan mendapatkan World Map. Cobalah pergi ke gerbang masuk untuk event dan kalian bisa bebas menjelajah sekarang. Beberapa toko ada disini. Sempatkan menginap di penginapan kemudian pergilah ke area kanan kota untuk meneruskan menjelajah. Selesai menjelajah, tinggalkan St Binah. Tujuan kalian yang berikutnya adalah barat daya (daerah yang terdapat pilar-pilar batu).

Sub Event 3 : Sandwich Recipe
Masuki rumah pertama di sisi kanan kota dan periksa buku yang ada di lantai untuk mempelajarinya.
Sub Event 4 : Toko baru
Pergilah ke toko paling ujung. Bicara dengan orang disisi kiri dan dia membutuhkan beberapa item yang bisa kalian dapatkan dari Search Point. Jika kalian berhasil mendapatkannya, dia akan menawarkan untuk membuka toko baru disini. Sub quest ini bisa dilakukan juga belakangan.
Sub Event 5 : Penjelasan lebih lanjut tentang St Binah
Naiki tangga yang ada di dekat toko di sisi utara kota. Periksa kotak yang ada untuk pembicaraan pendek.
Sub Event 6 : Artes Luke
Kalian perlu beristirahat di penginapan sebanyak 2x. Jika belum muncul disini, event akan muncul di Kaitzur jika kalian menginap di Kaitzur.
 Sub Event 7 : Noir Fan Club
Saat tiba di sisi kanan kota, ada papan pengumuman. Cobalah gunakan Mieu Fire untuk event lagi. Kalian akan mendapat 200 Gald. Nanti setibanya di Chesedonia, pergilah ke counter di dekat penginapan sebelah utara untuk event lagi. Kalian harus membayar 1000 gald. Jika sempat, pergilah kembali ke St Binah dan bicara dengan orang yang sama untuk mendapatkan 800 Gald dan fans baru untuk Tear.

= FUBRAS RIVER =
Jelajahi area ini dan gunakan Mieu Fire di akar yang menutupi peti. Lanjutkan dan Jade akan menjelaskan mengenai FoF (Field Of Fonim) melalui battle. Selesaikan battle kemudian lanjutkan perjalanan. Ambil jalur kiri bawah dan kalian akan tiba di area baru. Save permainan ditengah jika mau dan ambil jalur utara dari save point untuk item, jalur selanjutnya adalah di kanan bawah tapi kalian bebas menjelajah untuk musuh dan item. Akan ada event lagi di perjalanan, Tear akan mendapat Artes baru (Force Field) kemudian lanjutkan perjalanan kalian sampai tiba di pintu keluar. Pergilah ke Kaitzur yang merupakan gerbang panjang.

= KAITZUR =
            Begitu masuk, akan ada event lagi dan Anise akan bergabung dalam kelompok. Pergilah ke penginapan dan bicaralah dengan Van untuk event. Jika kalian belum mendapatkan Artes Luke yang baru, menginaplah disini untuk mendapatkannya. Setelah siap, lanjutkan ke selatan untuk tiba di area baru. Rumah di sebelah kanan merupakan penginapan dan toko item. Tinggalkan area ini setelah beres dan lanjutkan ke Kaitzur Naval Port dengan mengikuti jalan ke barat daya.

= KAITZUR NAVAL PORT =
            Begitu masuk, akan ada event lagi. Kalian bisa beristirahat di salah satu rumah dan jangan lupa untuk save permainan. Cobalah meninggalkan Kaitzur untuk event lagi. Kini tujuan kalian adalah Choral Castle yang terletak di timur.

= CHORAL CASTLE =
            Di sebelah kanan gerbang masuk ada Sage. Masuki gedung dan maju sedikit untuk penjelasan mengenai Surprise Encounter. Save permainan jika mau, hiraukan dulu pintu yang ada dan naiki tangga di sebelah kanan. Hati-hati dengan patung musuh yang ada. Lanjutkan perjalanan sampai tiba di luar dan masuk ke pintu berikutnya. Kalian akan melihat musuh berwarna merah yang segera kabur saat melihat kalian. Perhatikan dua patung yang ada. Tarik keduanya untuk menghalangi jalan kemudian masuki pintu di sebelah kiri dan keluar lagi. Monster merah itu akan mencoba kabur lagi namun terhalang oleh patung yang ada. Hampiri dia dan kalahkan untuk mendapatkan Red Sphere.
Masuk ke pintu kiri lagi dan di atas tangga ada Blue Monster. Ruangan di selatan menyimpan item dan Yellow Monster tapi hindari monster satu ini karena kalian tidak membutuhkan Yellow Sphere. Cobalah kejar Blue Monster sampai ada percakapan pendek. Gunakan Mieu Fire untuk mengenai Blue Monster kemudian kalahkan dia untuk mendapatkan Blue Sphere. Jelajahi dulu area atas untuk beberapa item kemudian kembalilah ke save point. Masuki pintu di utara, perhatikan pintu disebelah kanan dan periksa. Dengan Red dan Blue Sphere, pintu akan terbuka. Lanjutkan perjalanan untuk event dan juga akan ada save point lagi. Sebelum menaiki tangga, periksa dulu pintu disebelah kanan. Setelah itu kejar musuh yang ada untuk event lagi dan kalian harus kembali ke atas atap lagi. Namun persiapkan diri sebaik mungkin karena ada pertempuran boss disini.

Boss : Arietta (Party : Luke, Tear, Jade, Guy)
à Arietta didampingi oleh 2 monster. Sebaiknya pusatkan dulu serangan ke Arietta dan pasang strategi agar teman-teman kalian mendukung serangan Luke. Magic Arietta cukup kuat namun bisa dihindari jika kalian cepat. Setelah Arietta kalah, sembuhkan karakter yang butuh penyembuhan kemudian habisi sisa monster yang ada.

            Setelah menang, akan ada event dan Van akan menawarkan untuk menumpang ke Kaitzur Naval Port. Sebaiknya tolak tawarannya karena ada sub quest di sini. Naikkan level kalian sampai paling tidak mencapai 12 - 13. Kembalilah ke area paling awal dengan save point dan kalian akan melihat sebuah pedang. Pastikan save permainan sebelum memeriksanya jika kalian sudah siap, periksa pedang tersebut dan terima tantangannya. Setelah menang (atau menghiraukannya), kembalilah ke Kaitzur Naval Port.

Sub event 8 :  Mengalahkan Sword Dancer
* Sword Dancer 1 (Party : Luke, Guy, Jade, Tear)
Para pengguna magic cukup berguna disini. Usahakan Guy dan Luke menarik perhatian musuh agar dia tidak mengganggu teman kalian yang bersiap mengeluarkan magic. Pertarungan ini akan berjalan cukup lama dan kalian membutuhkan banyak item.
* Sword Dancer 2 (Party : Luke, Guy, Jade, Tear)
Search Point dekat Theor Forest, baru bisa dilakukan saat kalian akan menuju ke Grand Chokmah untuk pertama kalinya. Gunakan taktik yang sama.
* Sword Dancer 3 (Party : Guy, Anise, Jade, Tear)
Selesai event dengan Arietta di Feres Island, masuki gedung dan naiki tangga yang ada. Ada tangga untuk ke atas jadi naik ke atas dan ambil item yang ada. Turun dan kembalilah ke pintu masuk bangunan untuk menemukan pedang. Periksa pedang tersebut dan kalahkan Sword Dancer untuk mendapatkan salah satu pedang terkuat Luke / Guy.

= KAITZUR NAVAL PORT =
            Masuki rumah di dekat pelabuhan dan bicara dengan Van disini. Selesai berbicara, temui prajurit yang sedang berjaga dan terima tawarannya untuk meninggalkan Kaitzur Naval Port. Di dalam Ferry, tinggalkan kamar untuk pembicaraan pendek. Bicaralah dengan semuanya untuk event.

= CHESEDONIA =
Sebelah kiri ada bangunan kecil. Masuk ke dalam dan temui Din's Shop. Teruskan ke kanan untuk event lagi. Di sebelah kiri ada penginapan dan Noir Fans Club (sub quest 7). Lanjutkan ke kanan dan kalian akan tiba di area tengah dengan bar. Sebelah kiri ada Astor's Mansion namun hirauan dulu. Jelajahi semua area dan beli item di ara berikutnya jika punya uang lebih. Dari area belanja ini, pergilah ke kiri dan masuki Kimlasca Consul. Temui orang di ruangan atas dan kalian harus pergi ke Astor's Mansion. Tapi sebaiknya jalankan dulu subquest sebelum menuju ke Astor's Mansion. Setibanya di Astor's Mansion, akan ada event lagi. Periksalah laci di kamar di utara untuk item. Cobalah kembali ke pelabuhan, akan ada event.

Sub Event 9 : Din's Shop
Din akan membeli barang-barang yang kalian temukan melalui Search Point dan terkadang menyediakan jasa untuk "membuat" beberapa item.
Sub Event 10 : Tear's Pendant
Dekat Noir's Fan Club, kalian bisa bertemu dengan laki-laki yang memberikan tumpangan saat di Tataroo Valley. Bicara dengannya kemudian di tengah permainan, dia akan muncul lagi. Tanyakan mengenai Pendant milik Tear kemudian pergilah ke kumpulan toko di Grand Chokmah dan bicara dengan orang di sebelah kanan yang akan menjual Pendant milik Tear seharga 100.000 Gald.
Sub Event 11 : Ant Lion Man
Di area paling kanan Chesedonia, ada seorang kakek yang menjual armor. Di dekatnya ada gang kecil, masuk ke sana dan temui Ant Lion Man. Berikan Apple Gel kepadanya dan dia akan memberikan resep makanan baru. Usahakan setiap kali kalian kembali ke Chesedonia, selalu berbicara dengan orang ini. Dia akan meminta barang-barang yang berbeda setiap kali (Scimitar, Spectacles, Miracle Gel, Panacea Bottle, Apple, Stripe Ribbon, Beef, Chicken).
Sub Event 12 - Item gratis
Bicara dengan salah satu pedagang di sebelah Weapon Shops. Dia akan menawarkan item gratis padamu jadi pilih salah satu untuk mendapatkan beberapa item.

= FERRY =
Akan ada event lagi. Kalahkan musuh yang ada dan save permainanmu. Keluarlah dari ruangan. Kalian bisa membeli item di ruangan sebelah kiri. Periksa semua ruangan yang ada sebelum menaiki tangga di ujung. Keluarlah melalui pintu utara dan ada mini-game. Dengarkan petunjuk yang ada dan kejar robot tadi. Jika kalian berhasil, kalian akan mendapatkan Capacity Core dan Wing Bottle. Jika gagal, kalian tidak akan mendapatkan apa-apa. Ingat bahwa musuh akan menyerang jika kalian gagal menjaga keseimbangan. Persiapkan dirimu sebelum menuju ke kanan.

Boss: Kaiser Dist R (Party : Luke, Guy, Tear, Jade)
à Matikan semua Arte magic yang bukan elemen air. Boss ini memiliki kelemahan di elemen air jadi gunakan kelemahan ini dan usahakan Luke atau Guy menyerang dengan FoF Water untuk damage yang lebih besar lagi. Kaiser Dist R tergolong sulit jadi jangan lupa untuk melakukan guard dan jika bisa, gunakan Free Run untuk lari ke belakangnya dan menyerang dari belakang. Kalian bisa menyembuhkan diri dengan bantuan magic dari Tear atau menggunakan item.

= BATICUL =
            Ikuti jalan yang ada, save permainan kemudian naiki kereta yang ada. Saat memasuki kota, ada event lagi. Pintu besar tengah bagian bawah merupakan deretan toko-toko. Di atasnya terdapat penginapan. Cobalah pergi ke jalan yang menuju ke selatan (pintu keluar Baticul) untuk event pendek mengenai phobia dari Guy lagi. Puas ketawa, naiki lift sebelah kanan atas karena yang kiri tidak aktif. Teruskan menaiki lift sampai kalian tiba di Istana. Masuki Istana dan masuk ke Audience Room untuk event. Selesai event, kalian bisa menjelajah Istana. Setelah puas, pergilah ke Duke Fabre Mansion di sebelah kanan Istana. Masuk ke dalam, bicaralah dengan Ramdas. Lanjutkan ke kiri untuk bertemu dengan Natalia. Bicaralah dengan Pere beberapa kali (terutama dengan Guy) dan temui Susanne (ibu Luke) untuk event dengan Tear. Selesai semuanya, kembalilah ke kamar Luke dan terima tawaran Guy untuk beristirahat. Kembalilah ke Istana untuk event lagi dan Luke akan mendapatkan tittle baru.
            Tinggalkan Audience Room dan masuki ruangan di kiri bawah. Terus ke ujung untuk event dengan Van. Keluar dari Istana untuk bergabungnya Tear beserta Guy. Cobalah kembali ke kota untuk bergabungnya Anise dan Jade. Guy akan mengajakmu mengunjungi Miyagi Dojo. Sebelum meninggalkan Baticul, lakukan dulu sub-quest yang ada. Setelah siap, naiki lift sebelah kanan pintu masuk Baticul (yang sebelumnya ada event tentang Guy).

Sub Event 13 : Masalah Jade?
Pergilah ke Pelabuhan Baticul untuk event. Setelah kalian menemukan replika Yellow Replika, bicaralah dengan Cheagle ini. Kemudian sebelum menuju ke Eldrant, pergilah ke Belkend dan bicara dengan Spinoza di salah satu ruangan laboratorium. Lanjutkan dengan memasuki Malkuth army Base HQ.
Sub Event 14 : Artes Luke (lagi)
Pergilah ke Duke Fabre Mansion dan bicara dengan Ramdas serta pelayan di dekatnya. Pergi ke pelabuhan Baticul dan temui merchant yang ada. Luke akan mempelajari Arte baru. Artes berikutnya ditemukan saat penduduk St Binah ada di Yulia City. Salah satu diantara mereka memegangnya dan Luke harus meminta uang dari ibunya di Duke Fabre Mansion. Buku berikutnya pada bagian II dan ada di Keterburg Hotel setelah St Binah bisa ditinggali lagi. Bicara dengan laki-laki disebelah kanan counter dan minta uang lagi dari Susanne lagi. Artes terakhir ada di Daath, di perpustakaan dekat jalan rahasia menuju Mt Zaleho. Kembali lagi ke Susanne untuk meminta uang untuk terakhir kalinya.
Sub Event 15 : Tittle baru Guy
Kalian membutuhkan paling tidak 300 Encounter. Jadikan Guy sebagai On Screen Charater dan bicara dengan Miyagi di Dojo untuk mendapatkan tittle ini.
Sub Event 16 : Artes untuk Guy
Bicara dengan Pere 3 kali di taman Duke Fabre Mansion jika sebelumnya belum dilakukan. Saat tiba di Desert Oasis, bicaralah dengan laki-laki tua di dalam bar (sebelah kiri atas). Pergilah ke Kaitzur dan bicara dengan laki-laki yang berdiri di luar penginapan. Ketika tiba di Daath, dari pintu masuk Church, di pertengahan tangga ada celah ke kanan. Bicara dengan laki-laki disana. Setelah tiba di Grand Chokmah, bicaralah dengan laki-laki tua di lantai 2 Bar. Pergilah ke Belkend dan bicara dengan laki-laki yang berdiri di depan mesin, di selatan. Yang terakhir kali, pergilah ke Keterburg dan pergilah ke area paling utara. Masuki rumah salju disebelah kiri bawah dan bicara dengan laki-laki disana untuk mendapatkan Artes milik Guy.
Sub Event 17 : Pedang berharga milik Guy
Event ini random. Jika Pere berdiri di depan pedang di area dengan save point, bicaralah dengannya. Nanti setelah identitas Guy yang sebenarnya terungkap, bicara lagi dengan Pere di tempat yang sama. Mendekati akhir game, Duke Fabre akan berdiri di depan pedang ini. Bicaralah dengannya dan dia akan memberikan pedang tersebut ke Guy.
Sub Event 18 : Fried Rice Recipe
Tidurlah di penginapan Baticul dan Anise akan mendapatkan resep ini.

= ABANDONED FACTORY =
Kalian bisa melakukan save sebelum melakukan apa-apa. Maju sedikit dan Natalia akan bergabung. Jelajahi area ini untuk item dan hiraukan dulu tangga yang tidak bisa kalian capai karena kalian membutuhkan Mieu Wing. Teruskan sampai tiba di area berikutnya. Area berikutnya tidak terlalu sulit dan tidak ada puzzle berarti. Tapi pastikan kalian memeriksa drum yang ada. Gunakan Mieu Fire untuk menyalakan drum. Periksa alat di dekat lift dan kalian bisa menggunakannya. Lanjutkan ke kiri dan jangan panik saat pipa turun ke bawah. Lanjutkan perjalanan dan lihat oli yang menetes. Perhatikan timing kalian dan gunakan Mieu Fire untuk menyalakan drum yang ada.
Kembalilah ke atas dan pergilah ke kanan untuk tiba di area baru. Pastikan untuk memeriksa mesin disebelah lift untuk menjalankannya. Setibanya di area baru, ada mesin yang bisa mengontrol keluarnya oli. Periksa mesin tersebut dan oli akan dialirkan ke pipa sebelah kiri. Kembali ke area sebelumnya dan turuni tangga di sebelah kanan. Sekarang oli akan menetes sehingga kalian bisa menggunakan Mieu Fire untuk menyalakan drum. Kembali ke mesin oli dan periksa lagi biar oli mengalir ke pipa kanan. Masuk pintu yang ada dan jelajahi semuanya. Di paling akhir ada platform dengan banyak drum. Salah satunya bisa ditarik/didorong. Doronglah drum itu turun lalu dorong terus ke arah kiri sampai kalian melihat celah diantara tali. Dorong drum itu ke arah celah itu dan jatuhkan.
Ingat lift di dekat mesin oli? Naiki lift tersebut kemudian teruskan perjalanan sampai di area baru. Teruskan ke kiri dan pipa akan turun, menjatuhkan oli ke dalam drum yang sebelumnya kalian dorong. Teruskan ke utara sambil menurunkan tangga tali yang ada. Kemudian nyalakan drum berisi oli tadi. Sebelum melanjutkan apa-apa, sebaiknya kalian melakukan save game sekaligus menaikkan level. Setelah siap, pergilah ke lift yang terakhir. Periksa mesin yang ada untuk mengaktifkannya lalu naiki lift tersebut. Di akhir jalan, ada event dan boss.

Boss: Abaddon (Party : Guy, Jade, Tear, Natalia)
à Gunakan Artes fisik / magic terkuat kalian. Agar musuh tidak mengganggu Tear atau Jade saat sedang menyiapkan magic, pancing musuh agar menyerang karakter yang kalian kendalikan (dalam party saya, Guy). Natalia bisa membantu menyerang atau menyembuhkan karakter jika Tear sedang sibuk. Manfaatkan juga FOF sebisa mungkin.

            Lihat event lagi dan cutscene anime setelah menang. Pergilah ke arah Timur, melewati padang pasir sampai kalian melihat sebuah kota dengan oasis.

= DESERT OASIS =
            Begitu masuk, akan ada event lagi. Bicaralah dengan semua orang disini untuk mengetahui letak Zao Ruins. Beli juga item jika perlu. Jangan lupa bicara dengan kakek di bar untuk sub quest Guy. Jika kalian mau, kalian bisa mampir ke Chesedonia yang terletak tidak jauh dari Desert Oasis. Zao Ruins terletak Timur dari Desert Oasis.

Sub quest 19 : Wing Bottle gratis!
Hanya aktif jika kalian tidak memiliki Wing Bottle. Bicaralah dengan Ant Lion Man di Chesedonia dan dia akan memberikan Wing Bottle gratis ke kalian.
Sub quest 20 : Tittle baru untuk Natalia
Kalian harus melakukan 5x pembuatan item dan setidak memeriksa 6 Searching Point untuk mendapatkan tittle baru Natalia. Bicaralah dengan Dinn di Dinn’s shop.

= ZAO RUINS =
            Untungnya tidak ada puzzle sulit di dalam dungeon ini. Teruskan saja ke dasar kemudian lanjutkan ke selatan dulu. Akan ada event lagi dan kalian akan mendapatkan Mieu Attack. Dengan kemampuan baru ini, kembali satu layar lalu lanjutkan ke kiri. Hancurkan batu yang ada dengan Mieu Attack. Dengarkan penjelasan dan kalian bisa mengganti kemampuan Mieu dengan menekan R2 kemudian direction button. Lawan musuh yang ada sambil melanjutkan perjalanan dan memungut item yang ada. Jangan lupa untuk melakukan save game. Setibanya di save point kedua, persiapkan diri kalian kemudian lanjutkan ke utara untuk event lagi.

Boss : Largo + Synch (Party : Luke, Guy, Tear, Jade)
à Pusatkan dulu serangan ke Synch karena (untungnya) Largo cukup lambat. Manfaatkan Free Run untuk menuju ke belakang Synch dan menyerangnya dari belakang. Jade bisa mendukung dengan serangan fisik atau magic. Jangan lupa memperhatikan HP dan TP kalian. Setelah Synch berhasil kalian kalahkan, baru kalian berpusat ke Largo. Largo cukup kuat jadi defense sangat diperlukan. Kalau bisa, lari ke belakangnya dan serang dari belakang. Manfaatkan FOF jika muncul.

            Guy akan menjelaskan mengenai kegunaan Wing Bottle. Manfaatkan jika punya tapi sebaiknya jalan saja sampai ke atas dan simpan Wing Bottle untuk dungeon lainnya yang lebih rumit belakangan. Keluar dari Zao Ruins, pergilah ke Chesedonia.

= CHESEDONIA =
            Setibanya di Cheseonia, pergilah mendekati penginapan untuk event kemudian tujuan kalian adalah Malkuth Consulate tapi sebelumnya persiapkan dulu item dan segala sesuatunya sebelum pergi ke Malkuth Consulate. Jika kalian mengunjungi Ant Lion Man lagi, dia akan meminta Scimitar dan Spectacles kali ini.

= KAITZUR NAVAL PORT =        
            Selesai event, bicara dengan laki-laki di depan penginapan untuk sub quest Guy dan kalian bisa kembali ke St Binah untuk menyelesaikan sub quest Noir Fan Club. Tujuan kalian adalah Timur Laut dari Kaitzur Naval Port.

= DEO PASS =
Hanya ada satu jalan keluar jadi pastikan kalian menjelajahi semuanya. Gunakan Mieu Attack untuk mendapatkan beberapa item dari pohon dan menghancurkan batu. Di area berikutnya, pergi dulu ke kiri untuk mengambil item kemudian kembali ke layar sebelumnya dan lanjutkan ke kanan. Di bawah jembatan gunakan Mieu Attack ke pohon yang ada untuk 1800 Gald. Seberangi jembatan dan event menyebalkan tentang Luke. Save dulu permainanmu sebelum meneruskan. Lanjutkan sampai kalian tiba di jalan dengan pertigaan. Ambil jalan selatan dulu untuk Apple gel, lalu ke ke kanan bawah dan serang pohon untuk menjatuhkan kotak yang ada. Ambil jalan yang tersisa dan kalian akan menemukan save point. Save dan persiapkan dirimu. Perhatikan rumah yang ada? Kalian bisa masuk dengan menggunakan tangga tali disisi lain. Hindari dulu jalan kanan bawah dan periksa sekitar untuk item dan uang. Setelah selesai, ambil jalan kanan bawah untuk menghadapi Legretta.

Boss: Legretta (Party : Luke, Guy, Jade, Tear)
à Seperti biasa, serang dari belakang dan pancing agar perhatian Legretta terpusat pada Luke atau Guy. Biarkan Tear dan Jade (atau Anise) mendukung dengan magic dari deretan belakang sementara sisanya menghajar Legretta dari belakang. Seringlah memanfaatkan Free Run untuk menghindari beberapa serangan Legretta. Perhatikan juga HP dan TPmu, sembuhkan dengan item dan manfaatkan Tear atau Natalia untuk melakukan heal.

            Tinggalkan Deo Pass kemudian kalian akan tiba di World Map. Lanjutkan ke Timur untuk mencapai satu-satunya kota yang ada.

= AKZERIUTH =
Bicara dengan semua orang yang ada. Salah satu diantaranya akan memberikan beberapa item. Kalian bisa beristirahat dan berbelanja di salah satu rumah. Setelah membereskan semuanya, turunlah ke bawah dengan menggunakan lift yang ada. Masuki Tunnel 14 untuk event. Tear akan meninggalkan party. Di dalam Tunnel 14, jalannya lurus-lurus saja namun pastikan kalian mengambil semua item yang ada dan melawan semua musuh yang ada. Setibanya di save point, save permainan dan persiapkan Luke sebaik mungkin jika kalian ingin menang. Bicara dengan semuanya lalu pergilah ke gua di utara dan Jade beserta yang lain akan meninggalkanmu. Bicara dengan Van lalu turun ke bawah untuk event yang mengejutkan. Bicaralah dengan Tear setelahnya. Kendalikan Tartarus ke arah barat sampai ada event pendek. Lanjutkan terus sampai kalian tiba di satu-satunya kota yang ada.

= YULIA CITY =
            Begitu tiba di Yulia City, akan ada event lagi dan Luke harus bertarung sendirian melawan Asch.

Boss : Asch
à Kalian bisa menang tapi jika kalah, tidak masalah. Asch mampu menggunakan magic, saat ini terjadi sebaiknya kalian melakukan heal dan menghindari area yang dibidik Asch. Namun kalian juga bisa menghampirinya dan menghajarnya sebelum dia menyelesaikan 'mantra'nya. Asch lebih cepat dari kalian jadi manfaatkan Free Run dan guard sebisa mungkin. Jika kalian bertahan cukup lama, akan ada event cukup keren di tengah pertarungan.

            Lihat event dan kalian akan mengendalikan Asch sekarang. Asch memiliki beberapa kemiripan dengan kemampuan Luke namun bedanya Asch mampu menggunakan magic. Turuni tangga dan bicara dengan Tear jika mau. Keluar lalu masuki pintu di tengah. Laki-laki di sebelah kiri akan menjual item jika kalian perlu. Naiki tangga dan masuki pintu di tengah untuk berbicara dengan Teodoro. Jade, Natalia, Anise dan Guy akan bergabung denganmu. Sebelum menanggapi pertanyaan Teodoro, jalani dulu beberapa sub quest yang ada. Setelah siap, pilih pilihan ke dua. Selesai event, pergilah ke Barat Daya untuk tiba di Belkend Port.

Sub Event 21 - Ramen Recipe
Periksa notebook di meja di kamar Tear untuk resep satu ini.
Sub Event 22 - Laki-laki ceroboh
Keluar dari gedung utama dan pergi ke arah kiri. Bicara dengan laki-laki disana dan dia akan meminta 3 Apple Gel. Berikan padanya. Nanti setelah kalian mengendalikan Luke, dia akan meminta 5 Rice. Nanti belakangan lagi, dia akan meminta 5 Mace. Dia akan memberikan tittle buat Tear mendekati akhir game tapi kalian juga harus menjalankan sub quest lainnya.

= BELKEND PORT - BELKEND =
            Tidak banyak yang bisa dilakukan disini. Pergi saja ke arah pintu keluar dan ikuti jalan yang ada untuk tiba di Belkend. Perhatikan switch disebelah kiri. Jika kalian memeriksanya, ada kotak item yang terjatuh. Sayangnya, isinya 'cuma' Orange Gel. Di dalam penginapan ada beberapa toko. Jelajahi dulu area ini sebelum menuju ke area kiri. Masuki Research Institute. Jelajahi semua tempat yang ada untuk beberapa item yang tersembunyi di dalam laci. Kemudian pergilah ke Replica Research Institute di bagian paling kanan. Lanjutkan ke utara untuk bertemu Spinoza. Keluar dari Research Institute dan Guy akan meninggalkanmu. Setelah menjalankan sub-quest, kembalilah ke Tartarus dan pergilah ke arah paling Barat dari Belkend. Telusuri pinggiran benua coklat ini dan kalian akan melihat sebuah gua (hiraukan gua yang dikelilingi oleh pusaran air karena tidak akan bisa dilewati saat ini). Gua ini adalah tujuan kalian yang berikutnya.

Sub Event 23 : Soba Recipe
Dari area awal, di dekat mainan kereta ada sedikit celah. Pergilah ke sana dan kalian akan berakhir di bawah jembatan. Periksa lubang yang ada dan tolong orang yang ada untuk mendapatkan resep ini.
Sub Event 24 : Artes untuk Natalia
Sebelumnya pergi ke tujuan kalian, pergilah ke Sheridan Port. Satu-satunya pelabuhan yang ada di benua kiri bawah (benua ini warnanya coklat semua). Begitu turun, pergilah ke arah kiri dan akan ada event lagi. Selesai event ini, Natalia akan mendapatkan Artes baru. Tapi kalian akan berakhir di Daath Bay. Nanti di pertengahan bagian kedua dari cerita, pergilah ke Daath Bay dan Natalia akan mendapatkan Artes baru lagi.

= ORTION CAVERN =
Karena kalian tidak memiliki Mieu Fire, telusuri saja jalan yang ada sambil memungut item, melawan musuh dan menikmati beberapa percakapan. Oh ya, pastikan Asch memasak dengan sukses untuk melihat percakapan kocak. Di akhir perjalanan, akan ada event lagi. Kembali ke jalan masuk, save dan di dekat lift boss menanti.

Boss : Ancyra Pulp (Party : Asch, Jade, Anise, Natalia)
à Dia terkadang mengeluarkan anak buahnya. Kalian bisa memilih untuk menghabisinya atau tetap berkonsentrasi ke Ancyra itu sendiri. Lakukan heal dengan Natalia atau dengan item. Manfaatkan Water FOF yang ada dan saat boss masuk ke dalam cangkangnya, hiraukan dia dan habisi anak buahnya. Seperti biasa, Free Run sangat berguna disini. Setelah boss keluar dari cangkangnya, teruskan menghabisinya.

            Setelah selesai event, kembalilah ke Tartarus untuk event lagi dan kalian akan kembali mengendalikan Luke. Bicaralah dengan Tear di taman bunga.

= YULIA CITY =
Save permainanmu dan turunlah ke lantai 1. Tujuan kalian adalah menemui Teodoro. Jadi pergilah ke ruang rapat. Tear akan dicegah seseorang tapi hiraukan dulu dan bicaralah dengan Teodoro. Kembalilah ke rumah Tear dan naik ke atas. Sebelum berangkat, beli item dan jalani dulu beberapa sub quest. Setelah siap, masuki ruang sebelah kanan dari ruang rapat dan jika kalian siap, tinggalkan Yulia City.

Sub Event 25 : Penampilan karakter
Di rumah Tear, di lantai bawah, pergilah ke kamar di utara dan Tear akan memberikan Character Disc. Kalian bisa melihat penampilan karakter-karakter disini.
Sub Event 26 - Fonic Song
Di lantai bawah ruang utama, masuki pintu di utara dan bicara dengan orang yang ada. Tear akan mempelajari Fonic Song baru. Fonic song berikutnya baru muncul mendekati akhir permainan. Pergilah ke Daath dan masuki ruangan Ion untuk event.

= ARAMIS SPRING =
            Selesai event, lanjutkan perjalanan kalian dan Guy akan bergabung denganmu. Tidak ada puzzle menyebalkan disini dan hanya ada satu jalan keluar. Gunakan Mieu Fire untuk membakar akar pohon yang menghalangi jalan kalian tapi hati-hati karena terkadang ada musuh yang muncul. Di tengah perjalanan juga ada musuh yang menyerang tiba-tiba. Teruskan sampai kalian tiba di luar dan Jade akan bergabung denganmu. Namun jangan tinggalkan dulu area ini. Ambil item di sisi kanan dan kiri pintu menuju Aramis Spring. Setelah puas, tinggalkan area ini dan pergilah ke Daath dengan mengikuti jalan yang ada. Setelah tiba di 4th Slate Hill, akan ada event dan kalian bisa meneruskan perjalanan memasuki Daath.

= DAATH =
Jelajahi dulu area ini untuk sub quest dan berbelanja. Setelah puas, lanjutkan ke area berikutnya dimana Anise akan bergabung denganmu dan masuk ke Church. Masuki dulu pintu di kanan bawah dan teruskan untuk percakapan pendek antara Legretta dengan Mohs. Kembali ke main hall dan masuki pintu di utara. Bicara dengan Tritheim disini dan kalian juga bisa bicara dengan ayah Anise (Oliver). Ibu Anise (Pamela) ada di main hall. Kembali ke ruangan dimana kalian mendengar pembicaraan antara Legretta dengan Mohs. Di paling ujung, prajurit yang menjaga pintu akan membiarkan kalian lewat.

Sub Event 27 - Orgel
Di sebelah kiri pintu masuk Daath, periksa tumpukan barang yang ada dan Luke akan mendapatkan Fon Disc. Setelah kalian tiba di Sheridan, pergilah ke area di utara dan masuki salah satu rumah. Bicara dengan Ishtar dan berikan Fon Disc yang kalian temukan. Fon Disc berikutnya bisa kalian temukan di toko item Grand Chokmah (gunakan pintu samping). Fon Disc berikutnya memerlukan King's Portrait (dari sub quest 46). Pergilah ke Choral Castle dan periksa tahta yang ada di lantai 2. Ambil Fon Disc di dalamnya. Fon Disc berikutnya ada di Nam Cobanda Isle. Bicara dengan salah satu anak berpakaian kucing di sebelah kiri ruangan komputer (dia bersembunyi di pojokan kiri) dan dia akan memberikan Fon Disc. Fon Disc berikutnya ada di Chesedonia. Masuklah melalui pintu utara dan periksa toko dekat penginapan untuk mendapatkannya. Setelah mendapatkan semuanya, bicaralah dengan Ishtar di Sheridan untuk tittle Tear yang baru.
Sub Event 28: Masa Pelatihan Tear.
Menginaplah semalam di penginapan Daath. Lalu menginap lagi semalam ketika kalian tiba di Sheridan. Setelah kalian bisa mencapai Keterburg, menginaplah semalam di penginapan Daath. Akhirnya menginaplah semalam di penginapan di Sheridan untuk tittle baru Tear.
Sub Event 29 : Pizza Recipe
Bicaralah dengan Chef di dekat Item Shop. Dia akan memberikan resep ini.
Sub Event 30 : Sushi Recipe
Pergilah ke perpustakaan Daath. Periksa buku di atas meja untuk resep ini.

= ORACLE HQ =
Selesai event, pergilah ke kiri untuk pembicaraan pendek. Saat kalian membunyikan gong dengan Mieu Attack, pasukan di dalam ruangan akan masuk sehingga kalian bisa masuk ke dalam. Ambil item yang ada lalu keluarlah. Lanjutkan ke utara, naiki tangga dan bunyikan gong yang ada untuk memancing penjaga keluar. Teruskan menjelajah sampai kalian tiba di sebuah lift (ada di kanan atas). Naiklah ke atas dan kalahkan penjaga yang ada. Kemudian turun kembali dan bunyikan gong yang ada. Penjaga akan keluar dan memeriksa prajurit yang baru kalian kalahkan. Naik lagi ke atas dan masuki ruangan yang ada untuk beberapa item yang ada. Kembali ke lift dan turun dam turuni tangga di sebelah kiri.
Perhatikan save point yang ada dan save permainan kalian. Kemudian masuki pintu kanan setelah membunyikan gong. Ada beberapa item di dalam. Setelah puas, kembali ke save point. Perhatikan timing penjaga yang mondar-mandir dan gunakan Mieu Fire melalui jeruji yang ada untuk menstun dia. Saat dia terstun, segera hampiri dan kalahkan. Setelah dia kalah, baru bunyikan gong yang ada untuk memancing penjaga keluar. Masuki ruangan yang ada untuk melihat banyak pintu. Tujuan kalian adalah pintu ketiga dari kiri namun masuki dulu semua pintu yang ada (termasuk yang di utara). Pintu di utara akan membawa kalian ke Fon Disc lain dan Carmine Chamber. Setelah beres, masuki pintu ketiga dari kiri untuk bertemu Natalia dan Ion. Kalian akan ada di luar secara otomatis. Sebelum pergi, bicara dengan laki-laki di sebelah kanan dari tangga depan Church untuk sub quest Artes milik Guy. Kembalilah ke Daath Bay untuk event dan menaiki Tartarus. Pergilah ke arah barat laut dan ditengah perjalanan Tartarus akan mengalami kerusakan. Kalian akan tiba di Keterburg Port.

= KETERBURG PORT =
            Setelah mendarat, kalian bisa langsung menuju ke Keterburg yang ada di barat. Namun ada sub quest yang bisa kalian jalankan terlebih dahulu. Setelah beres, pergilah ke barat dan masuki Keterburg.

Sub Event 31 : Salad Recipe
Masuki rumah di sebelah kiri dan periksa buku di kursi untuk resep ini.
Sub Event 32 : Menata barang di gudang
Bicara dengan laki-laki di sebelah kanan dan kalian akan diminta untuk mengatur boks yang ada. Kalian bisa juga mengambil item-item yang bertebaran di dalamnya. Manfaatkan boks yang ada untuk mengambilnya. Jika kalian gagal dan ingin mengulang, semua item akan kembali ke tempatnya masing-masing.

= KETERBURG =
Di sebelah kiri ada toko item dan di sebelah kanan ada penginapan. Lurus ke depan akan ada Casino. Masuklah ke dalam dan jelajahi seluruh kota. Gunakan Mieu Attack untuk merusak mesin salju yang ada lalu pergi ke sebelah kiri bawah. Di dekat gazebo, sebuah peti harta sudah menunggu untuk dipungut. Di salah satu rumah salju, sub quest Artes milik Guy berikutnya sudah menanti. Bicaralah dengan laki-laki di dalamnya. Setelah puas, pergilah ke area paling kiri dan masuki rumah Major. Masuki ruangan di di utara dan bicaralah dengan Nephry untuk event lagi. Pergilah ke Hotel (bukan penginapan di dekat pintu masuk) dan dekati counter untuk event lagi. Kembalilah ke Nephry untuk event lagi dan kalian bisa kembali ke Tartarus. Jangan lupa menjalankan sub quest yang ada jika mau. Setibanya di World Map, pergilah ke arah tenggara dari Keterburg Port. Perhatikan bahwa jembatan yang ada sudah hancur. Pergilah ke salah satu sisi dan kalian bisa meninggalkan Tartarus. Jika kalian kesulitan menemukan jembatan ini, jembatan ini terletak di timur laut dari Tataroo Valley. Lanjutkan ke utara untuk tiba di Theor Forest. Tapi tidak jauh dari hutan ini, ada Search Point. Jika diperiksa, kalian akan melawan Sword Dancer lagi.

Sub Event 32 : Casino
Begitu masuk, akan ada event dan kalian akan mendapatkan tittle baru untuk Anise.
Sub Event 33 : Labyrinth Mansion
Di area kanan, ada laki-laki yang berdiri di depan sebuah rumah. Bicaralah dengannya dan dia akan pergi. Tinggalkan Keterburg lalu masuk lagi dan bicara dengan orang yang sama. Dia akan meminta 200.000 Gald. Jika kalian punya, berikan padanya dan keluar dari Keterburg. Kembali lagi masuk dan bicara dengan laki-laki yang sama untuk mencoba Labyrinth Mansion. Level 5 tidak bisa diselesaikan saat ini. Tunggulah sampai kalian mendapatkan Mieu Wing.
Sub Event 34 : Waitress
Pergilah ke lantai 2 dari Hotel dan masuk ke ruangan kanan. Mainkan mini game yang ada selama beberapa kali (sampai selesai jika mau) dan Tear akan mendapatkan tittle baru. Setelah Tear mendapatkan tittle Proud Maid, pasangkan tittle ini dan bicara dengan laki-laki yang sama di Keterburg Hotel. Selesaikan mini game yang sama (namun yang terakhir lebih sulit) dan dapatkan Fruit Mix Recipe.
Sub Event 35 : Face Chat
Kalian perlu memainkan game sebanyak 2x. Setelah memainkan game ini sampai 2x, bicaralah dengan Ant Lion Man yang ada di rumah salju sebelah kanan atas untuk melihat SEMUA Face Chat yang ada, termasuk yang belum kalian lihat sekalipun.
Sub Event 36 : Menata barang lagi
Bicaralah dengan laki-laki yang berdiri di gudang yang ada di Belkend Port.
Sub Event 37 : Lagi-lagi menata barang
Pergilah ke Sheridan Port dan bicara dengan laki-laki yang ada untuk mengatur gudang lagi.

= THEOR FOREST =
Begitu masuk, Jade akan meninggalkan kelompok. Ada item di pojok kiri atas jadi pastikan mengambilnya sebelum menuju ke utara. Sekarang kita harus bermain kucing-kucingan. Kalian bisa memilih untuk mengambil item-item yang tersebar di seluruh hutan atau mengambilnya nanti. Kalian bisa menarik perhatian penjaga dengan menggerakkan pohon yang ada, gunakan Mieu Attack. Jika gagal, kalian akan dibawa ke awal. Setelah gagal beberapa kali, kalian akan ditawari pilihan untuk bertarung. Seorang penjaga di kanan atas akan berpatroli dengan membalikkan badan. Kalian bisa bersembunyi di belakangnya saat dia melihat ke arah lain. Tujuan kalian adalah sebelah kiri atas.
Jika kalian mengambil jalan kanan lalu ke utara, kalian akan tiba di World Map. Periksa Search Point yang ada untuk mendapatkan All Purpose Knife. Tapi kalian bisa mengambilnya belakangan nanti. Setelah tiba di area kiri atas, akan ada event lagi dan kalian akan berakhir di Grand Chokhmah. Anise, Guy dan Ion akan meninggalkanmu.

= GRAND CHOKMAH =
Selesai pembicaraan dengan Tear, saatnya menjelajah. Pergilah ke bar dan naik ke lantai atas untuk berbicara dengan Jade di sebelah kiri. Dia akan bergabung denganmu. Keluar dari bar lalu lanjutkan ke selatan, ke pelabuhan kecil untuk berbicara dengan Natalia. Teruskan ke kiri sampai tiba di depan Istana. Bicaralah dengan General Frings untuk bertemu dengan Emperor Peony. Di ruangan istirahat ada item di laci, periksalah 2x. Kembalilah ke Penginapan untuk tittle baru Guy dan Guy serta Anise akan kembali bergabung. Kalian bisa langsung menuju ke St Binah tapi sebaiknya tolak dulu dan jalani sub quest yang ada serta berbelanja. Setelah puas, tinggalkan Grand Chokmah dan pergilah ke St Binah dengan melewati Theo Forest (ambil item jika kalian belum sempat mengambilnya) dan ikuti jalan yang ada.

Sub Event 39 : Curry Recipe
Setelah Jade bergabung, turun satu lantai dan bicara dengan Bartender yang ada untuk resep ini.
Sub Event 40 : Artes untuk Jade
Dari depan Istana, lanjutkan ke kiri untuk tiba di Malkuth Army Base HQ. Pergi ke selatan lalu naik tangga dan masuki kamar disebelah kanan. Bicaralah dengan Sesemann disini dan dia akan memberikan Ancient Archives. Nanti setelah para penduduk kembali ke St Binah (bagian II), bicaralah dengan McGovern. Lanjut ke Chesedonia dan pergilah ke penginapan di utara. Naik ke lantai 2 dan masuki kamar di tengah. Periksa meja di  sebelah kanan lalu pergilah ke Keterburg. Periksa patung di pintu masuk selatan lalu periksa bagian belakang patung yang sama di pintu utara. Pergilah ke Sheridan dan lanjutkan ke area di kiri atas. Absolute akan masuk ke daftar magic Jade.
Pergilahke Belkend lalu ke Research Institute. Dari pintu masuk, ke utara 2x lalu kanan. Periksalah meja di sebelah kiri lalu pergilah ke Kaitzur Naval Port. Setelah kalian menyelesaikan Radiation Gate dan bertemu Asch, kembalilah ke Radiation Gate dan Jade akan mendapatkan Prism Sword. Mendekati akhir permainan, pergilah ke Daath dan masuki Church. Ke kanan dan pergilah ke kamar Ion untuk berbicara dengan Florian. Lanjutkan ke Yulia City dan masuki gedung utama. Di sebelah kanan pintu utara lantai bawah, periksa tiang yang ada. Lanjutkan ke Fubras River, masuk dari pintu utara dan Jade akan mendapatkan Meteor Swarm.
Sub Event 41 : Beres-beres barang lagi
Pergilah ke Bar Grand Chokmah. Bicara dengan laki-laki yang berdiri di depan pintu untuk membereskan barang lagi.
Sub Event 42 : Menyelesaikan beres-beres barang
Kalian harus menyelesaikan semua gudang yang ada. Setelah beres, penjaga gudang terakhir yang kalian bereskan akan memberikan tittle untuk Anise.

= SAINT BINAH =
Pastikan kalian sudah melakukan save sebelum memasuki St Binah. Masuki Malkuth Army Base di utara dan masuki ruangan yang ada untuk melihat event. Persiapkan diri kalian lalu pergilah keluar untuk event dan pertarungan boss.

Boss: Kaiser Dist RX (Party : Luke, Guy, Tear, Jade)
à Sama seperti sebelumnya, gunakan FOF dan magic berelemen air. Jadi matikan Artes yang tidak memiliki elemen ini. Seperti biasa, Free Run dan Luke (atau karakter penyerang fisik lainnya) bertugas untuk memancing boss agar dia tidak mengganggu magician kalian yang 'sibuk' di belakang. Jangan lupa untuk melakukan guard atau menyerang dari belakang jika memungkinkan. Battle ini akan sedikit sulit jadi jangan lupa melakukan heal konstan.

Kembalilah ke Tartarus di jembatan yang terputus lalu pergilah ke Sheridan Port yang terletak di benua coklat di sebelah kiri bawah. Lanjutkan ke Sheridan. 

= SHERIDAN =
Ada deretan toko di dalam bangunan sebelah kiri. Penginapan ada di bagian belakang bangunan utama. Pergilah ke utara dan kalian akan melihat sebuah jungkat-jungkit disebelah kanan, gunakan Mieu Attack terus menerus lalu kembali ke area sebelumnya dan pergilah ke kanan atas. Ambil item disebelah kiri. Kembalilah ke area utara dan hampiri 3 kakek dan nenek yang ada untuk pembicaraan pendek. Pergilah ke ruang pertemuan dan bicara dengan Lemon untuk misi berikutnya. Beli item yang kalian perlukan, lakukan sub quest, lalu tinggalkan Sheridan. Teruskan ke kiri untuk tiba di Meggiora Highlands.

Sub Event 43 : Pembuatan equipment
Masuki ruangan sebelah kiri dari gedung kiri. Jika kalian memiliki Iron Sand, Gold Dust dan Stone, laki-laki di dalamnya akan menawarkan untuk membuat equipment. Beberapa didapatkan dari Search Point tapi ada juga musuh yang menjatuhkannya (walaupun sangat langka). Jika kalian mendapatkannya, ada mini game lagi dimana kalian mengendalikan Guy untuk membuat equipment yang dipesan. Perhatikan emoicon Luke dan saran yang muncul. Untuk berikutnya, kalian memerlukan Copper Ore, Silver Ore dan Gold Ore. Yang terakhir diperlukan Livavius Ore (Search Point 16), Divine Wood (Search Point 11) dan Nabi Metal (Search Point). Ketiganya merupakan item langka.
Sub Event 44 : Udon Recipe
Masuki Bar di Sheridan dan periksa buku di meja untuk resep ini.

= MEGGIORA HIGHLANDS =
Pastikan level kalian berada di atas 30 untuk mempermudah pertarungan berikutnya dan jangan lupa untuk save. Masuki area ini untuk event pendek dan kalian harus dibagi menjadi 2 kelompok. Luke akan menghadapi boss jadi pastikan kalian membawa orang terkuat kalian. Ingat juga bahwa kalian memiliki batas waktu! Jadi Holy Bottle berguna disini, hindari semua musuh. Hiraukan juga item yang ada karena kalian bisa mengambilnya belakangan nanti. Ambil jalan kiri dan ikuti jalan yang ada menuju ke utara dan di tengah perjalanan, kelompok Luke akan menghadapi boss!

Boss: Blade Rex (Party : Luke, Jade dan Tear)
à Keluarkan semua serangan kalian! Buatlah FOF berelemen api dan magic berelemen api karena boss ini memiliki kelemahan di elemen ini. Manfaatkan Free Run dan serang dari belakang tapi juga pastikan boss tidak mengganggu teman-teman kalian yang sibuk menyiapkan magic. Sebaiknya lakukan heal dengan item agar lebih cepat. Keluarkan semua kemampuan kalian mengingat batas waktu yang ada.

Selesai event, kalian akan mengendalikan team berikutnya. Pergilah ke arah kanan atas sedikit lalu selatan dan teruskan sampai ujung kiri. Ada event lagi dan jika kalian tiba tepat waktu, Ginji akan selamat. Jika tidak, berarti Ginji akan tewas. Lihat event kemudian kembalilah ke Sheridan.

= SHERIDAN =
Pergilah ke area di utara dan masuki hanggar disebelah kiri untuk event lagi. Kalian sekarang memiliki pesawat! Pergilah ke arah barat dan mendaratlah di Yulia City. Hampiri Teodoro untuk event lalu lanjutkan ke gedung utama. Masuki ruangan rapat untuk event kemudian kembali ke pesawat kalian, jangan lupa bicara dengan beberapa orang di Yulia City. Kendalikan Albiorl ke arah St Binah lanjutkan timur. Daratkan Albiorl dan masuki Shurrey Hill.

= SHURREY HILL =
Temukan 3 kristal merah dan gunakan Mieu Fire. Hiraukan kristal biru karena belum bisa melakukan apa-apa ke kristal satu ini. Setelah menghancurkan ketiga kristal merah, pintu akan terbuka. Masuklah ke dalam dan jangan lupa untuk save permainan. Pergilah ke kiri dan ambil Green Fonem. Perhatikan Red Fonem yang ada dan gunakan Mieu Fire untuk mengambilnya. Temukan musuh yang memegang Red Fonem dan kalahkan untuk mendapatkannya. Dengan tiga Fonem yang ada, periksa cahaya yang ada dan masukkan warna yang sesuai untuk membuat jembatan cahaya ke sebuah objek. Hancurkan dengan menggunakan Mieu Attack.
Dari save point, ambil jalur kanan. Kali ini kalian memerlukan Blue Fonem, Red Fonem, Green Fonem, dan Yellow Fenom. Teruskan sampai kalian melihat 3 altar yang ada di 3 lantai. Sesuaikan letak altar hingga muncul cahaya warna di altar paling bawah. Masukkan Fonem yang kalian bawa dan hancurkan objek yang ada dengan menyeberangi jembatan yang muncul. Kembali ke area awal karena jalan tengah sudah terbuka. Kumpulkan Blue Fenom, Yellow Fenom, Green Fenom dan 2 Red Fenom. Setelah mendapatkan semua warna 

good luck







Kode Smiley Untuk Komentar


:a :b :c :d :e :f :g :h :i :j :k :l :m :n :o :p :q :r :s :t

4 comments:

 

Please Bantu Saya, Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget